Pengalaman Berbelanja di Situs The Watch Co.

This is the first post after a two-year hiatus, but I’m ready to bring out something new. Di tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman untuk pertama kalinya berbelanja jam tangan di salah satu situs penjual yang menurut saya sendiri sudah cukup terkenal. Dia tak lain dan tak bukan adalah The Watch Co.

Sebelum berbelanja di situs miliknya, saya sudah mencoba googling tentang sederet toko jam tangan yang berkualitas di Indonesia dan salah satu hasilnya adalah The Watch Co. ini. Ada beberapa toko offline miliknya yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia yang akhirnya membuat saya yakin bahwa mereka seller yang cukup terpercaya untuk urusan aksesoris satu ini.

Tanggal 27 Mei saya melakukan pemesanan di situs The Watch Co. — setelah melalui meditasi yang cukup lama dalam memutuskan tipe jam mana yang diinginkan. Dan… seminggu kemudian, tepatnya 2 Juni, barang tersebut tiba di meja kantor. Sebenarnya saat itu lagi off duty tapi karena jam tercinta yang dinanti-nanti (tahu dari Tracking Info) akhirnya datang, saya memutuskan untuk meluncur ke kantor yang jaraknya lumayan dekat dari tempat tinggal dan LANGSUNG balik pulang. 😀

Jam nampaknya dikemas dengan sangat baik. Dan waktunya unboxing! Seperti yang saya duga sebelumnya, dalam paketan ini juga disertakan semacam kartu ucapan selamat Lebaran, which was really cute. Di dalamnya juga ada invoice serta JAM TANGANNYA! Disaat proses membuka cover jam tangan inilah saya merasa deg-degan. Sampai akhirnya… WHAT THE…??

20180602_132035

Looks cool but bukan punya saya 😦

Jam yang saya terima tidak sesuai dengan pesanan! Saat itu juga saya cek invoice dan membandingkan tipe jam tangan yang saya pesan dan yang saya terima. Merek sudah sesuai tapi tipenya sedikit berbeda. Berbeda satu huruf. 😥

Akhirnya saya putuskan untuk menghubungi after-sales service dan ternyata kantor mereka tutup di akhir pekan. Tidak habis akal, saya putuskan mengontak toko The Watch Co. yang ada di Surabaya dengan harapan semoga jam yang keliru ini bisa saya tukar di tokonya langsung tanpa harus mengirim balik ke Jakarta, which I thought could have taken so long.

20180606_202823

What’s in the Box

Ada sedikit rasa khawatir sebelum berbicara dengan petugas toko The Watch Co. via sambungan telepon. Kalau dilihat secara seksama di bagian invoice maupun di situsnya tertera jika barang tidak bisa ditukar atau dibatalkan apabila sudah dibeli. Dari sini rasa cemas bercampur-aduk jadi satu. It shouldn’t have happened!

Setelah berbicara dengan pihak toko The Watch Co. di Surabaya, mereka menyarankan untuk menghubungi kantor pusat mereka di Jakarta karena pembelian melalui situs mereka hanya ditangani oleh kantor pusat. Karena sudah coba dan gagal menghubungi nomer kantor pusat The Watch Co., saya memutuskan untuk menelepon salah satu tokonya yang ada di Jakarta. Sama seperti petugas di toko sebelumnya sebutkan, saya mesti menelepon kantor pusat yang saat itu lagi tutup.

Tambah bingung, akhirnya saya cek lagi bagian Hubungi Kami di situs The Watch Co. dan menemukan kontak Line mereka. Saya tambahkan akunnya dan saya sampaikan masalah yang saya alami walaupun tidak berharap dibalas langsung saat itu juga.

20180606_200911

The second unboxing in one week

Sekitar satu jam kemudian, saya mendapat balasan dari The Watch Co. Mereka bertanya kenapa saya ingin menukar barang yang telah saya terima, dan disitu saya jelaskan semuanya. Mereka meminta foto barang yang saya terima dan invoice. Akhirnya mereka mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Kemudian saya diminta untuk mengirimkan kembali barang tersebut ke warehouse mereka sesegera mungkin untuk ditukarkan dengan yang sesuai pesanan.

Sore itu langsung saya kirimkan barangnya via JNE Y.E.S. plus asuransi. Tiga hari kemudian barang tersebut tiba di Jakarta dan pesanan saya tiba sehari kemudian dalam kemasan yang baru dan tentunya JAM TANGAN yang sesuai. Oh satu lagi. Biaya pengiriman barang ke Jakarta mereka reimbursed 100% via transfer bank 4 hari setelahnya which was great!

20180606_201436

Yang hijau itu adalah kartu ucapan Lebaran

Itulah pengalaman pertama saya berbelanja di situs penjualan jam tangan The Watch Co. Meskipun awalnya kecewa karena mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan, tapi setelah melihat sigapnya layanan pelanggan mereka dalam mengatasi masalah ini membuat saya sedikit lebih lega.

Jika kalian kebetulan membeli barang di situs mereka, pastikan barang yang diterima sesuai dengan pesanan. Jika hal yang sama terjadi, coba kontak via Line karena lebih cepat dan murmer daripada harus kontak ke Jakarta yang kantornya tutup di akhir pekan.

Kalau kalian tanya apakah saya akan membeli jam tangan di situs mereka lagi di masa depan, ada kemungkinan iya karena sejauh ini saya belum menemukan toko online penjual jam tangan orisinil plus asuransi yang sebagus The Watch Co.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s