Sinkretisme Agama di Indonesia (The syncretism)

Ada beberapa agam di Indonesia yang telah mengalami sinkretisme.Beberapa diantaranya yaitu:

A. Ajaran Siwa-Buddha

Ajaran Siwa-Buddha merupakan campuran (sinkretisme) agama Hindu dan Buddha di Indonesia. Pada zaman Majapahit agama Siwa dan Buddha berpadu menjadi satu, dan ini bisa dilihat dalam beberapa karya sastra antara lain Kakawin Sutasoma dan Kakawin Arjuna Wijaya. Pada zaman sekarang di pulau Bali dan Lombok, ajaran Hindu Dharma yang beraliran Siwa dan ajaran Buda (Siwa-Buddha)ini dianggap sebagai dua mazhab berbeda dari satu agama yang sama. Di Bali ada sebuah desa yang bernama Budakeling di Kabupaten Karangasem, yang mana seluruh penduduknya menganut mazhab ini.

Hasil peninggalan agama Siwa-Buddha

B. Ajaran Kejawen Jawa

Penganut Kejawen

KEJAWEN adalah kebudayaan Jawa asli yang merupakan sinkretisme antara kepercayaan kuno dengan ajaran agama yang datang kemudian seperti Hindu, Budha, Islam, dan Kristen. Diantara campuran tersebut yang paling dominan adalah ajaran agama Islam.

Membahas masalah Kejawen tentunya tidak terlepas dengan istilah-istilah Manunggaling Kawulo Gusti, Sedulur Papat Lima Pancer, Sangkan Paraning Dumadi, ngeruwat, tapa brata, dan lain-lain.Drs Susilo menyimpulkan tentang Kejawen adalah sebagai berikut:

•Kejawen adalah sinkretisme yaitu percampuran agama Hindu-Budha- Islam. Meskipun demikian ajaran Kejawen masih mengacu dan berpegang teguh pada ajaran tradisi Jawa asli sehingga masih nampak ciri-cirinya yang khas dan kemandiriannya.

•Agama menurut faham Kejawen adalah Manunggaling Kawula Gusti yaitu bersatunya hamba dengan Tuhan. Oleh sebagian kalangan Islam putih kaum santri, konsep penyatuan manusia dengan Tuhan ini mengarah kepada penyekutuan Tuhan atau prilaku Syirik.

•Perspektif ajaran Kejawen berdimensi tasauf percampuran antara kebudayaan Jawa, Hindu, dan Budha yang kurang menghargai aspek syariat dalam arti yang berkait denngan hukum-hukum hakiki agama Islam.
•Raja adalah pemuka agama. Hal ini nampak dari penggunaan atau pemakaian gelar “Sayidina Panatagama”, “Khalifatullah”, “Ajaran agama ageming aji” ( perhiasan ) raja, karena itu harus disesuaikan dengan tradisi Jawa.
•Kitab Mahabarata dan Ramayana merupakan sumber inspirasi ajaran Kejawen yang mengandung ajaran moral dan karakter perilaku tuntunan hidup.
•Tinjauan kajian pikiran Jawa lebih terfokus pada aspek indra batin dan perilaku batin. Strategi pendekatan Kejawen adalah mencari pendekatan kepada Tuhan bahkan selalu ingin menyatu dengan Tuhan ( Manunggaling Kawula Gusti) dan analisanya bersifat batiniah.
C. Hindu-Tengger

Upacara Keagamaan di Gunung Bromo Jatim

Upacara adat suku Tengger yang terkenal adalah Upacara Kasada. Upacara ini dilakukan di Gunung Bromo. Perpaduan antara sinkretisme dan agama Hindu menghasilkan kekhasan tradisi suku Tengger. Kepercayaan mereka terhadap perbintangan dan leluhur memang menanamkan nilai-nilai luhur dan mengajarkan toleransi dalam memandang perbedaan. Oleh karena itu, suku ini tidak tertelan oleh zaman. Bagaimanapun juga dikatakan bahwa Hindu Tengger berbeda dengan Hindu Bali.

D. Ajaran Hindu-Dharma

Upacara Ngaben yang merupakan salah satu ritual keagamaan penganut Hindu Dharma di Bali

Adalah sejenis agama Hindu aliran Siwa, Waisnawa, dan Brahma yang bersinkretis dengan kepercayaan setempat/lokal orang Bali. Aliran ini umumnya hampir sama dengan agama Hindu lainnya. Selain di Bali, ajaran ini juga berkembang di Tanah Toraja, Sulawesi.

Sebenarnya masih banyak lagi agama di Indonesia ini yang mengalami sinkretisme, tapi 4 yang telah disebutkan di atas adalah yang utama bagi penulis.

2 thoughts on “Sinkretisme Agama di Indonesia (The syncretism)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s