Do Not Waste the Energy!

Siang itu Dicky baru saja pulang dari sekolah dan seperti biasanya setelah pulang sekolah ia melakukan aktivitasnya. Salah satunya adalah bermain komputer yang ada di kamar tidurnya.

Dari jam 12 hingga hari menjelang sore, Dicky tak henti-hentinya memainkan permainan yang tersedia banyak di dalam komputernya.

Namun Dicky memiliki kebiasaan yang sangat jelek, yaitu sering lupa untuk mematikan komputer setelah menggunakannya.

Berkali-kali mamanya menasehatinya untuk tidak lupa mematikan komputer seusai dipakai tapi tetap saja ia lupa untuk melakukannya.

Suatu kali setelah pulang dari sekolah, Dicky langsung main komputer miliknya. Sang mama terkadang kesal karena seharusnya Dicky makan siang dulu baru dia bisa bermain komputer.

“Dicky, ayo makan dulu Nak” perintah sang Mama. Sayangnya Dicky bersikap tak peduli dengan mamanya. Dengan asyiknya ia terus melanjutkan bermain komputer.

Akhirnya pada hari menjelang sore Dicky selesai bermain dan langsung tidur di kasurnya tanpa mematikan dulu komputernya. Saat itu Mamanya melewati depan kamar anaknya dan melihat Dicky tengah terlelap di atas kasurnya. Mamanya masuk dan melihat kalau komputer itu masih belum dimatikan seusai dipakai.

Pada malam harinya Dicky dan Papa serta Mamanya tengah makan malam. Seusai makan malam Dicky diajak ke ruang keluarga. Di sana Dicky dinasehati oleh kedua orangtuanya.

“Dicky kamu tau kan kalau komputer sangat memerlukan listrik agar bisa hidup. Dan listrik itu haruslah digunakan sehemat-hematnya. Jangan menggunakan listrik asal-asalan. Dan juga kalau sudah selesai memakai komputer kamu harus mematikannya!. Jangan sampai Mama yang mematikan komputer. Dicky kan sudah dewasa jadi Dicky harus mengerti donk. Iya kan?” kata sang Papa tegas.

“Iya Pa” sahut Dicky.

“Kalau Dicky tidak mau mematikan komputer sesudah digunakan, maka mama akan jual komputer Dicky!” kata Mama

“Jangan Mama” rintih Dicky

“Kalau Dicky tidak mau ya Dicky harus bisa menggunakan teknologi secara tepat guna. Maksudnya Dicky harus menggunakan teknologi seperti komputer hanya saat perlunya saja. Banyak manfaat dari komputer selain untuk bermain games terus. Kamu bisa menggunakannya untuk mengerjakan tugas sekolah dan lainnya. Jangan sampai Dicky menggunakan komputer berlebihan sampai-sampai Dicky lupa untuk makan siang. Iya kan Ma?”

“Iya. Jadi Dicky harus bisa membagi waktu antara main dengan aktivitas sehari-hari” kata Mama

“Iya Mama” jawab Dicky.

“Jadi mulai sekarang jangan diulangi lagi ya perbuatan Dicky!” kata Papa

“Iya Papa” jawab Dicky.

Sesudah itu Dicky sekarang mulai menggunakan komputer secara tepat guna sehingga selain bisa menghemat energi, Dicky juga bisa membagi waktu antara menggunakan komputer dengan aktivitasnya sehari-hari.

8 thoughts on “Do Not Waste the Energy!

  1. qhietamaqhie says:

    sarat makna. . dan bisa banget buat menyadarkan anak-anak biar gak kecenderungan ‘menghabiskan’ listrik yang makin lama makin menipis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s