Facebook Juice

Di suatu desa kecil hiduplah komunitas buah-buahan. Di sana terdapat buah Apel, Jeruk, Strawberry, Blueberry, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka senang sekali dengan jus-jus yang namanya unik sekali seperti jus Twitter, jus Facebook, jus MySpace dan masih banyak lagi.

Setiap pagi, seluruh masyarakat desa buah itu melakukan aktifitasnya masing-masing. Ada yang pergi ke sekolah, bekerja di kantor ataupun berdagang di pasar.

Saat itu si Jeruk akan berangkat ke sekolah. Dia pergi sendiri karena dia tak memiliki  teman.

Di sekolah ia dijuluki anak yang sulit bergaul dengan teman-temannya meskipun ia adalah yang paling pintar di kelas namun tetap saja ia tak punya teman untuk diajak berbicara.

Ada seorang temannya yang iba melihat keadaan si Jeruk. Dia adalah si Strawberry. Rumah Strawberry tak jauh dari rumah si Jeruk. Karena rumah dia yang dekat dengan rumah Jeruk, maka dia setidaknya tau tentang perilaku si Jeruk yang suka menyendiri.

Si Strawberry pun mendekati si Jeruk pada saat jam istirahat. Si Strawberry bertanya,

“Kenapa kamu tidak istirahat di kantin?”

Si Jeruk menjawab,”Aku tidak punya teman”

“Tidak punya teman?Kamu punya banyak teman!. Hanya saja kamunya yang tertutup, Jeruk” kata Strawberry.

“Mereka tak suka punya teman seperti aku” jawab Jeruk.

“Mereka bukannya tidak suka kamu tapi kamulah yang tak mau bersahabat dengan mereka. Kamu terlalu pendiam, Jeruk. Mencobalah untuk setidaknya berteman dengan mereka. Aku mau jadi teman kamu kok” kata Strawberry dengan senang hati.

“Sungguh? Oh aku terharu sekali mendengarnya. Tapi apa yang bisa aku lakukan untuk membuat mereka mengenal aku dengan baik?” tanya si Jeruk.

“Hmm..aku punya ide! Gimana kalau kamu mengadakan pesta jus di rumah. Kamu bisa mengundang teman-teman sekelas. Dengan demikian, kamu bisa mngenal mereka dengan baik” kata Strawberry dengan penuh semangat.

“Ha? Emangnya berhasil?” tanya Jeruk bingung.

“Pastinya. Ini kan ide brilian aku. Penduduk di desa buah kan semuanya hampir suka jus apalagi dengan jus Facebook. Hahaha. Gimana?” kata Strawberry.

“Hmm baiklah. Di rumah aku saja ya pestanya” kata si Jeruk

“Oke. Aku yang akan atur segalanya termasuk undangan buat teman-teman” kata Strawberry.

“Tapi…bagaimana cara membuat Jus Facebook? Aku tak bisa membuatnya” tanya Jeruk dengan frustasi.

“Itu masalah gampang. Aku yang akan mengajari kamu bagaimana membuatnya dengan baik. Dan pastinya bersih dan enak. Dijamin teman-teman bakalan suka hehe” tawa Strawberry.

Maka keesokan harinya Strawberry mulai menyebarkan undangan ke teman sekelasnya. Dan kebanyakan mereka sedikit tercenggang dengan acara yang akan diadakan di rumah si Jeruk yang dia sendiri sangatlah pendiam.

Minggu pagi itu Strawberry datang ke rumah Jeruk untuk mengajarkannya membuat jus Facebook. Dia menekan bel rumah dan saat itu juga Jeruk lah yang membukakan pintu.

“Ayo masuk” suruh si Jeruk ke Strawberry. Strawberry pun masuk dan menuju ke dapur bersama Jeruk.

Di dapur, si Jeruk sudah menyiapkan bahan-bahan yang akan diperlukan untuk membuat jus Facebook. Ada buah Identitas, gula Foto, dan sebuah blender. Di situ juga terdapat saringan dan sendok Enter, sendok yang memang khusus dibuat untuk membuat jus Facebook.

Strawberry menyuruh Jeruk untuk mengupas buah Identitas tapi dia melarang untuk memasukkan keseluruhan isi buah karena rasanya yang pahit. Setelah mengupas buah Identitas, Jeruk memasukkannya ke dalam blender dan menambahkan gula Foto. Gula Foto yang diminta adalah yang bagus. Setelah itu ditambahkan juga air untuk pelarutnya.

Strawberry melarang si Jeruk untuk memasukkan gula Privasi ke dalamnya karena rasanya tidaklah enak. Kemudian tombol blender ditekan dan mulai memblender buah dan gulanya  itu.

Setelah selesai diblender, jus Facebook dimasukkan ke dalam gelas yang dibagi menjadi 14 gelas yaitu untuk 12 teman mereka dan Jeruk serta Strawberry itu sendiri. Namun sebelum jus dimasukkan ke gelas, masing-masingnya disaring terlebih dahulu agar bersih.

Setelah disaring baru jus masuk ke gelas dan siap untuk dibuat pesta malam harinya.

Pada malam hari semua teman si Jeruk datang ke rumahnya. Pestanya sederhana. Dalam pesta itu si Jeruk memberikan beberapa ucapan sebelum pesta dimulai.

“Hmm…” tapi karena si Jeruk yang terlalu malu untuk berkata, maka si Strawberry-lah yang memulai untuk berbicara.

“Teman-teman. Terima kasih sudah datang ke pesta Jeruk. Kalian tau mengapa dia mengundang kalian disini? Karena dia ingin sekali punya sahabat. Dia ingin punya banyak teman. Kuharap melalui pesta ini kalian bisa mengenal dia lebih baik”

Semuanya diam sejenak dan memandang ke arah Strawberry dan Jeruk secara bergantian.

“Ayolah! Apakah kalian tidak suka dengan teman yang sudah lama telah menjadi teman kita di kelas? Kita ini bersaudara! Kita adalah satu. Kita tidak boleh saling membenci satu sama lain! Ibu guru kita pun berkata demikian” Strawberry berkata dengan penuh yakin.

Tiba-tiba si Apel mendekat ke si Jeruk dan memeluknya. Dan yang lain pun mulai ikut memeluk juga. Si Anggur, si Pisang, Lemon, dan lainnya juga ikut. Strawberry juga menyusul untuk memeluk bersama.

Setelah itu mereka pun memulai pesta dan meminum jus Facebook yang telah dibuat. Semuanya gembira saat itu dan sekarang Jeruk tak kesepian lagi karena ia telah punya banyak teman yang sayang kepadanya.

14 thoughts on “Facebook Juice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s